Toyota Fortuner dan Innova pakai bio solar kenapa takut…..

Sistem pembakaran pada mesin diesel menggunakan kompresi – penyalaan atau pembakaran tekanan yang tidak memerlukan bantuan busi untuk menciptakan pembakaran, karena mesin diesel memang identik dengan putaran tinggi dan kompresi yang tinggi sehingga menghasilkan torsi yang besar pula.

Itulah mengapa disebut sebut mesin diesel itu irit, timbul pertanyaan kenapa ??? Karena tenaga maksimal atau torsi maksimal dapat dicapai pada RPM putaran rendah, atau dengan kata lain kita tidak perlu injak gas terlalu dalam untuk mencapai tenaga yang maksimal.

Walaupun mesin diesel irit namun ada masalah yang timbul, yaitu diakibatkan dari bahan bakar yang digunakan.

Dari berbagai keluhan yang saya pahami ternyata jika pakai solar kualitas rendah seperti bio solar.

Gejala atau penyakit umum yang ada pada varian SUV (Sport Utility Vehhicle) Grand New Fortuner Diesel, SUV diesel ataupun MPV Toyota yang paling handal Kijang Innova yang berinjektor tekanan tinggi plus ber-rasio kompresi mesin terbilang tinggi ini adalah sama, yaitu:

1. Tarikan jadi berat kurang bertenaga

2. Asap knalpot mengebul hitam

3. Yang jelas berubah jadi boros

Terkandung keluhan tersebut diatas, perlu saya sampaikan bahwa varian SUV ((Sport Utility Vehhicle) dari Grand New Fortuner Diesel ini telah menerapkan teknologi mesin yang bisa dikatakan paling canggih dikelasnya, penerapan teknologi yang saya maksud adalah: Turbocharger, Teknologi VNT (Variable Nozzle Turbocharger), dan Commonrail.

Teknologi ini mampu mengontrol volume dan waktu injeksi bahan bakar ketingkat yang optimal secara elektronik dengan cara mengoperasikan injector-injector sesuai dengan sinyal yang dikirim oleh ICU berdasarkan sinyal dari sensor. Hasil: Tenaga yang optimal disetiap putaran mesin, hemat bahan bakar, gas buang ramah lingkungan.

PERLU DIPERHATIKAN!: Penerapan teknologi mesin seperti tersebut diatas ber-variabel erat dengan kualitas asupan solar yang dipakai. Hal ini disamping basis injektor tekanan tinggi plus ber-rasio kompresi mesin tinggi juga karena instumen dari beberapa teknologi tersebut sungguh sangat sensitive terhadap solar yang dipakai, terutama pada kualitas solar rendah yaitu komposisi kadar sulfur diatas 300ppm dan kadar cetane dibawah 48,00.

Sebagai pemahaman, angka cetana berkaitan dengan kemampuan bahan bakar terhadap putaran mesin yang tinggi. Sulphur content untuk emisi dan kesehatan catalytic converter.

Bagi anda yang ingin mengetahui Informasi terbaru Promo Dp Paling Super Murah Mobil Toyota di Medan , maka dapat dilihat pada artikel dibawah ini :

Promo Akhir Tahun 2019 Toyota Deltamas Medan

.

.

APAKAH BAHAN BAKAR SOLAR ITU?

Solar, adalah suatu campuran dari hydrocarbon yang telah di distilasi setelah bensin dan minyak tanah dari minyak mentah pada temperatur 250 – 340°C. Umumnya solar mengandung belerang dengan kadar yang cukup tinggi.

Pada tingkat molekul tersusun oleh unsur yang berenergi tinggi dan rendah , disaat bahan bakar SEMAKIN JAUH meninggalkan kilang minyak ( Refinery ) maka bahan bakar tersebut mengalami perubahan jadi turun ( degradasi ) kualitas dan kehilangan energi potensialnya yang disebabkan oleh proses oksidasi dan pertumbuhan mikroorganisme ATAU YANG BIASA DISEBUT SOLAR BASI !!!.

Pada awalnya solar yang terdegradasi tidak bisa dilihat dengan kasat mata namun dengan masa penyimpanan cukup lama dan pengaruh lingkungan maka solar akan berubah menjadi semacam pernis yang mengental pekat. Kualitas minyak solar dinyatakan dengan bilangan Cetana. Angka Cetana adalah tolak ukur kemudahan menyala atau terbakarnya suatu bahan bakar di dalam mesin diesel. Nomor Cetane atau tingkatan dari solar adalah satu cara untuk mengontrol bahan bakar solar dalam kemampuan untuk pencegah terjadinya knocking. Tingkatan yang lebih besar memiliki kemampuan yang lebih baik.

Ada dua skala indek untuk mengontrol kemampuan solar untuk mencegah knocking dan mudah terbakar yaitu Cetane index dan diesel index. Minimal tingkatan cetane yang dapat diterima untuk bahan bakar yang digunakan untuk engine diesel kecepatan tinggi seperti mesin TOYOTA FORTUNER umumnya 40 – 45.

Hal ini karena engine diesel perbandingan kompresinya relative tinggi (15:1-22:1) lebih tinggi daripada engine bensin(6:1-12:1) dan TOYOTA FORTUNER itu sendiri memiliki rasio kompresi 17:1. Tidak seperti solar murni, ternyata Biosolar memiliki kelemahan.

Kelemahannya tak cocok dipakai untuk kendaraan yang memerlukan kecepatan dan daya, karena biodiesel menghasilkan tenaga yang lebih rendah dibandingkan solar murni. Banyak pengendara ditanah air tidak mengerti, bahwa dalam struktur kimiawi bahan bakar terkandung unsur molekul yang disebut “Energi Potennsial”, dan sudah menjadi sifat kimiawinya, jika pertumbuhan mikroorganisme mulai terjadi dan didukung proses oksidasialam maka sudah barang tentu “Energi Potensial”yang dimaksud akan total berubah jadi turun bahkan jadi hilang.

Sehingga output dari kualitas bahan bakar bilamana masuk dalam ruang pembakaran mesin menghasilkan performakualitas sebagai berikut:

· Hasil pembakaran terbuang percuma melalui knalpot

· Tidak bisa menghasil tenaga mesin yang maksimal

· Hanya menciptakan tingginya emisi bahaya

· Ratio RPM tidak sebanding dengan akselerasi

· Tarikan gas jadi berat tenaga mesin melemah

· Otomatis bahan bakar jadi boros terbuang percuma

· Menciptakan kerak karbon ruang bakar mesin

· Menciptakan lapisan kerak pada pipa pembuangan gas

Pokok permasalahan nya adalah

Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.

Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik.

Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.

Harusnya teknologi mesin yang semakin canggih seperti halnya TOYOTA FORTUNER, diikuti juga oleh kualitas solar yang baik. sehingga terjadi kesinambungan kinerja mesin menjadi maksimal, lebih awet dan tahan lama, serta mengurangi emisi gas buang.

Merujuk informasi dari Kementrian Pendidikan Nasional “Tentang jenis bahan bakar untuk mesin diesel” , salah satu jenis bahan bakar mesin diesel yang tepat untuk kendaraan yang ber-rasio kompresi mesin 17:1 adalah “Diesel Performa Tinggi”.

Bahan bakar ini merupakan bakar mesin diesel modern yang memiliki cetane number 53 dan memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm. Jenis bahan bakar ini direkomendasikan untuk mesin diesel dengan sistem injeksi coomonrail.

Toyota Fortuner dan Innova Pakai Biodiesel B20 kenapa harus takut…..

Guna menghindari jebolnya Injektor, piston/seher, bengkoknya klep, bengkoknya stang seher dan blok kop yang melintir, atau turun mesin.

Berikut tips untuk Anda :

1. Jika isi BBM pilihlah stasiun pom bensin yang ramai atau minimal Anda dapat biosolar yang baru. Hal ini untuk menghindari agar kita bisa isi BBM yang lebih fresh tidak basi, atau kadar energy potensial masih tinggi.

2. Isilah jenis BBM sesuai dengan rekomendasi pabrik atau sesuai rasio kompresi mesin – Hal ini sungguh sangat dianjurkan.

3. Jika budget terbatas bahkan minim untuk isi Solar yang berkualitas tinggi Anda bisa pakai alat bantu penyempurna kualitas BBM dikendaraan Anda.

Artinya Anda tetap isi bahan bakar solar biasa saja tapi kualitasnya setara dengan isi bahan bakar solar yang berkualitas tinggi atau setara dengan solarDEX/shell DIESEL, dan hendaknya pilihlah alat bantu penyempurna kualitas BBM yang terbukti dengan puluhan ribu pengendara khususnya di Indonesia yang sudah membuktikannya.

Salah satu yang kami rekomendasikan sebagai penyempurna kualitas BBM anda yaitu adalah Eco Diesel yang di produksi oleh PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi  dan sudah terdaftar di BKPM yaitu Aditif untuk bahan bakar mesin diesel yang terbuat dari seratus persen bahan – bahan organik dengan proses dan komposisi yang terukur sehingga mampu meningkatkan kualitas solar biasa menjadi bahan bakar diesel yang berkualitas tinggi dan meningkatkan performa mesin sekaligus menjadikan nya lebih irit.

Kondisi mahalnya harga dari bahan bakar diesel yang berkualitas tinggi seperti pertamina dex , memaksa harus mencari jalan keluar dengan menginstal dengan alat yang berteknologi Fuel Catalyst.

Teknology Fuel Catalyst adalah suatu substansi yang menaikkan tingkat atau kecepatan dari suatu reaksi, pada suhu tertentu tanpa mengalami transformasi. Suatu katalisator melakukan ini dengan mengurangi energi yang diperlukan untuk terjadinya reaksi, dengan demikian menghemat energy, waktu dan uang.

Catalyst menginduksi reaksi kimia diantara molekul – molekul pada temperatur rendah, sama dengan temperatur kendaraan atau tangki BBM. Kendaraan mesin diesel modern atau mesin diesel common rail apapun tipe dan jenisnya yang seharusnya memakai bahan bakar diesel performa tinggi namun tetap aman walaupun menggunakan menggunakan bahan bakar diesel berkualitas rendah karena hasilnya jadi setara dengan jenis bahan bakar diesel kualitas tinggi seperti halnya pertamina dex tanpa merubah setingan mesin aslinya sehingga garansi tetap berlaku.

Di Indonesia satu – satunya perusahaan yang bergerak untuk memasarkan teknologi katalisator logam adalah PT. Broquet Indonesia dengan alamat Graha SPBU Pertamina, Jl. Raya Boulevard Barat 6 Kelapa Gading Jakarta 021-45879044

.

Bagi anda yang ingin mengetahui simulasi kredit Toyota Innova Medan Promo 2019 silahkan langsung klik aja artikel dibawah ini :

Simulasi kredit mobil Toyota Innova terbaru 2019 Medan

.

.

Bagi anda yang ingin mengetahui simulasi kredit Toyota Fortuner terbaru promo 2019, silahkan langsung klik aja artikel dibawah ini :

Simulasi kredit mobil Toyota Fortuner terbaru 2019 Medan

.

.

Informasi Harga Promo dan Cicilan Kredit serta Spesifikasi Mobil Baru – Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sienta – Yaris

.

Rekomendasi Dealer Resmi Toyota Medan – Sumatera Utara – Aceh 

.

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618

callme_itxt_red_70

img-20161020-wa0012

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan