Tips membersihkan sekring mobil dan cara menggantinya

Tips membersihkan sekring mobil dan cara menggantinya. Selain dari Mesin maka sistem kelistrikan merupakan komponen yang paling vital dari sebuah kendaraan. Karena fitur – fitur dari sebuah kendaraan tidak akan berfungsi jika ada gangguan dari sekring.

Sebelumnya mari kita bahas informasi seputrar sekirng mobil :

 

  • Sekring Back Up

Yaitu sekring yang berfungsi untuk memback up memori auido, jika ada kerusakan berarti sekring tersebut langsung membeck up, selain itu jika sekring putus maka tape mobil tidak akan berfungsi

 

  • Sekring ACC

Berfungsi untuk menghidupkan tape mobil ketika kunci kontak diputar pada posisi ACC atau ditandai dengan hidupnya Jam pada dashboard jika sekring putus maka audio pada tape dan jam tidak bisa hidup jika kunci kontak diputar ke posisi ACC

 

  • Sekring Tail

Berfungsi untuk lampu kota dan lampu – lampu LED pada panel letaknya berada di fusebox yang letaknya berada di dalam kap mesin

Berbeda dengan sekring ACC yang letaknya berada di dalam rumah sekring dekat pedal gas atau dibelakan tuas untuk membuka kap mesin.

 

  • Sekring Stop

Sekring yang menjadi satu dengan sekring lampu rem, dan letaknya juga berada di dalam fuse box berada di dalam ruang mesin.

 

 

Bagi anda yang ingin mengetahui bagai mana cara yang tepat untuk membersihkan sekring mobil anda, berikut ini akan kami sampaikan informasi nya sebagai berikut :

  • Untuk melepas sekring nya, gunakan penjepit khusus yang biasanya ada dalam fuse box
  • Lepas sekring satu persatu, jangan pernah untuk melepaskan sekring secara keseluruhan karena dikhawatirkan akan terjadi salah pemasangan
  • Sekring yang sudah dilepas  langsung dibersihkan dengan penetran dan kuas secara perlahan dan langung dikeringkan dengan lap
  • Dudukan sekring pada kotak yang sudah dilepas juga dibersihkan dengan cairan penetran dan kuas setelah itu di lap
  • Periksalah sekring secara perlahan, jika terlihat gosong maka segeralah diganti dengan yang baru
  • Apabila ada sekering yang diganti dengan yang baru, maka pastikan bahwa sekring yang baru merupakan ukuran yang sama dengan komponen yang diganti sebelumnya.

Tentunya kita pernah melihat mobil yang terbakar dengan sendirinya di pinggir jalan, hal itu disebabkan karena sekring yang diganti lebih kecil dari arus listrik yang melalui nya.sehingga sekrig tidak kuat dan akhirnya bisa meleleh.

Selain hal tersebut diatas mengenai sekring yang meleleh, penyebab yang lainnya bisa juga diakibatkan karena rumah sekring yang sudah lama sehingga soket menjadi longgar.

Adanya penambahan beban seperti lampu hallogen,  aksesoris audio yang bersifat tambahan tampa menggunakan sekring yang terpisah juga bisa mengakibatkan sekring meleleh.

Untuk menghindari sekring  meleleh, maka sebaiknya pastikan kembali semua komponen yang terpasang sudah sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Jika ada penambahan aksesoris maka gunakan sekring yang lain atau terpisah.

 

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota AvanzaInnovaFortunerAgyaRushSientaYarisMedanSumatera UtaraAceh

 

Silahkan Hubungi Kami :

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan