Tips agar V Belt mobil tidak berisik

Pada waktu kita sedang memanaskan mesin mobil di pagi hari sering kita mendengar suara berisik seperti berdecit di dalam ruang mesin. Tentunya sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Setelah kap mesin dibuka, baru diketahui bahwa sumber suara berisik atau berdecit tersebut bersumber dar V Belt mobil tersebut. V Belt terbuat dari karet yang berfungsi sebagai penghubung antara kompresor AC – Altenator – ekstra fan dan hidraulis power steering.

Jika mobil rutin service berkala maka penggantian V Belt biasanya sewaktu service pemakaian 40.000 – 60.000 Km. Suara berisik dari V Belt yang berdecit itu diakibatkan :

  • cipratan air atau kotoran karena V Belt tersebut terbuka dan tidak ada penutupnya.
  • V belt tersebut panas dan terkena debu sehingga bisa mengeras. Apabila sudah mengeras maka akan timbul retakkan dan akhirnya bisa mengakibatkan aus. Belt yang sudah aus biasanya menimbulkan suara berdecit

 

Untuk mobil keluaran tahun masalah tersebut tidak pernah terjadi karena telah disematkan tensioner yang berfungsi menjaga kekencangan V Belt tersebut.

Tips Agar V Belt Mobil tidak berisik | bagi anda yang ingin mengetahui bagai mana cara agar V Belt mobil kita tidak berisik dan bersuara halus, berikut ini akan kami sampaikan tips nya sebagai berikut :

  • Cara paling mudah yaitu dengan menyemprotkan air sabun, walaupun hanya untuk sementara namun cara ini merupakan cara yang paling cepat agar bunyi berdecit cepat hilang
  • Cara selanjutnya juga bisa juga menggunakan cairan khusus untuk belt yang biasanya tersedia di toko aksesoris.  Penggunaan nya dengan cara menyemprotkan cairan belt secara perlahan pada bunyi yang berdecit dan jangan terlalu berlebihan. Jika bunyi berdecit sudah hilang maka hentikan menyemprot kan cairan.

 

 

Untuk diperhatikan :

Jangan pernah melumasi V Belt anda dengan menggunakan oli secara berlebihan karena akan memperparah dan bisa selip.

Demikianlah kami sampaikan tips agar V Belt mobil tidak berisik. Namun semua tips diatas adalah bersifat sementara. Lebih baik agar segera melakukan penggantian V Belt yang baru karena bunyi berisik itu merupakan pertanda bahwa harus segera melakukan penggantian part.

Kemungkinan yang paling buruk dari timbulnya suara berdecit dari V Belt tersebut adalaah Belt tersebut putus di jalan ketika sedang di jalan dan dengan penanganan yang salah bisa berakibat merembet kebagian part yang lain.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota AvanzaInnovaFortunerAgyaRushSientaYarisMedanSumatera UtaraAceh

Silahkan Hubungi Kami :

0853-7325-1618

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan