Permasalahan seputar ban mobil yang selama ini keliru

Permasalahan seputar ban mobil yang selama ini keliru. Ban mobil adalah faktor yang paling penting dijaga agar performa kendaraan menjadi maksimal. Karena ban mobil sangat berkaitan erat dengan keselamatan pengendara. Berikut ini kita akan membahas serba -serbi pernyataan seputar ban mobil yang kerap terjadi dan jawaban yang tepat :

 

 

  • Ban Mobil Harus dikurangi tekanan nya ketika hujan , karena sebahagian orang berpendapat bahwa ketika hujan maka ban mobil memerlukan cengkraman yang maksimal.

Hal tersebut diatas adalah tindakan yang keliru, karena pada waktu hujan tentunya suhu temperatur ban menjadi dingin sehingga tekanan angin pada ban justru akan otomatis  turun 1 psi sehingga telapak ban akan melengkung dan malah membuatnya menjadi tidak menapak di aspal dengan sempurna dan selanjutnya mengakibatkan kesulitan untuk membelah genangan air ke sisi kiri dan kanan pada ban mobil

 

 

 

  • Disaat kondisi keuangan sedang seret dan ban mobil sudah botak, kita terjebak dalam situasi untuk ganti ban mobil tetapi hanya dua yang bisa dibeli, pilihan penempatannya di depan atau di belakang. 

Bagi sebahagian orang pasti akan memilih mengganti ban depatn terlebih dahulu. Dengan anggapan bahwa ban depan menanggung beban yang lebih berat karena harus menopang mesin diatas nya. Hal tersebut adalah tindakan yang keliru karena hal tersebut bisa menimbulkan oversteer yaitu ban belakang kehillangan daya cengkram.

Namun sebaliknya jika ban baru ditempatkan di belakang maka akan menimbulkan understeer yaitu dimana posisi ban depan kehilangan daya cengkram nya.

Bila dilihat dari segi keamanan maka lebih baik ban baru diletakkan dibelakang, jika terjadi understeer lebih mudah dikendalikan karena pengemudi bisa langsung mengantisipasi jika hal tersebut terjadi karena gejala understeer langsung dapat dirasakan di setir kemudi. Sedangkan ban belakang tidak bisa dikendalikan.

Untuk diperhatikan !!!!!!!!

Jika memang kondisi nya kita belum bisa mengganti ke empat ban mobil tersebut dan hanya bisa mengganti 2 ban saja. Dianjurkan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara karena Oversteer atau pun understeer bisa mengakibatkan pengemudi dalam bahaya.

Agar ban mobil kita memiliki tingkat keausan yang sama ke empat nya, maka sebaiknya dilakukan rotasi setiap 5.000 km kedua ban belakang dipindah ke depan begitu juga sebaliknya.

 

 

  • Ban Mobil yang berbeda merk namun masih ukuran yang sama sebagai contoh ban depan kiri dan kanan  memakai merk bridgestone sedangkan ban yang belakang kiri dan kanan memakai merk dunlop.

Setiap produsen ban memiliki tingkat cengkraman yang berbeda – beda jika memang belum memungkinkan untuk membeli ke empat ban dengan merk yang sama maka tempatkan lah ban yang memiliki daya cengkram yang lebih baik di posisi belakang untuk menghindari oversteer.

Untuk diperhatikan !!!!!!!!!

Hindari penggunaan merk yang berbeda pada sisi kiri dan kanan ban mobil. Usahakan ban kiri dan kanan memakai merk yang sama. Karena apabila ban kiri dan kanan beda maka ketika terjadi pengereman mendadak sedangkan daya cengkram kedua ban berbeda, maka bisa mengakibatkan mobil  menjadi tidak terkendali.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota AvanzaInnovaFortunerAgyaRushSientaYarisMedanSumatera UtaraAceh

 

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan