Penyebab susah masuk gigi porsneling

Berikut kita bahas seputar permasalahan yang dialami setiap pemilik kendaraan roda empat, mulai dari gangguan pada radiator hingga mesin mobil. Masalah yang kerap dijumpai para pemilik mobil di antaranya juga berkutat pada persneling yang keras atau gigi transmisi susah masuk. Hal ini biasanya terjadi pada gigi 1 dan R (mundur).

Faktor yang bisa menyebabkan persneling keras atau gigi transmisi susah masuk ini bisa sangat banyak sekali, bisa karena kolpling, atau juga karena oli transmisi yang sudah jelek atau bahkan sudah habis.

 

 

Lalu, bagaimana caranya membedakan, atau mengetahui penyebab masalah ini? Seperti dilansir AstraWorld, pengecekan untuk memperbaiki persneling keras atau gigi transmisi susah masuk pada mobil itu mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Langkah yang harus dilakukan, coba setel kembali tuas kopling, atau pedal kopling, lalu setel pedal, atau tuas kopling, barangkali ini karena kopling kurang tertarik, atau terdorong. Jika setelah disetel masih ‘nyangkol’, atau susah masuk pada gigi 1 dan R (mundur), mungkin ini mengindikasikan cover kopling, atau dekrup rusak.

Jika kadang susah, penyakit biasanya bersumber dari per kopling jebol yang ‘nyangkol’ di antara kopling dan cover kopling (dekrup). Ini biasanya terjadi akibat rangkaian tuas pemindah gigi (untuk yang pakai kabel atau lainnya), coba cek barangkali ada yang lepas atau putus. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah oli transmisi yang kosong, coba perika jika oli membutuhkan penggantian.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618