Penyebab speedometer mobil tidak jalan

Panel Speedometer pada mobil adalah merupakan panel informasi kondisi mobil, Penyeban indikator Speedometer mobil tidak jalan ada beberapa hal diantaranya adalah :

  1. Masalah Pada Sistem Kelistrikan – Kelistrikan mobil yang berhubungan dengan panel speedometer juga beragam, tetapi yang umum yang harus di periksa terlebih dahulu adalah sekring yang berhubungan dengan speedometer seperti sekring dengan nama label meter atau Gauge dan periksa jalur kabel
  2. VSS atau Vehicle Speed Sensor tidak berfungsi atau Sensor Speedometer rusak – Pada mobil – mobil yang sudah serba elektronik sensor kecepatan kendaraan menggunakan sensor elektronika, sensor kecepatan kendaraan biasanya ditempatkan pada bagian transmisi . Jika speed sensor kendaraan tersebut rusak , soket terlepas atau longgar atau gear tranduser sudah aus bisa menyebabkan kecepatan kendaraan tidak bisa terbaca pada  panel speedometer dan menyalakan lampu check engine pada kebanyakan mobil efi. Sensor kecepatan kendaraan untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan rem ABS juga terdapat pada roda – roda dan jika terjadi malfungsi pada sistem ABS bisa juga menyebabkan speedometer mobil tidak jalan.
  3. Panel speedometer Rusak – Speedometer mobil tidak jalan juga bisa disebabkan oleh karena kerusakan pada panel speedometer itu sendiri.

Pada mobil yang sudah menggunakan On Board Diagnostic II (OBD II) kita bisa gunakan alat scan untuk membaca datalist kendaraan atau mengecek error pada panel speedo atau pun menguji tiap bagian panel speedo menggunakan alat scan.

Seperti contoh pada kijang Innova V tahun 2005 jika jarum speedometer tidak jalan, indikator rpm juga tidak jalan, indikator temperatur mesin dan indikator bahan bakar juga tidak mau naik, masalah tersebutnbisa dipastikan dengan menggunakan scan tool , sensor rusak , ecu ataukah panel speedometer.

Dan bagaimana menentukan atau cara memastikan apakah ecu rusak atau panel speedo yang rusak karena informasi yang ada pada panel speedo berasal dari data yang diolah oleh ecu. Cara mudah untuk mengetahui apanya yang rusak bisa dengan meminjam panel speedo tentunya, tapi juga bisa digunakan alat scan untuk memeriksa datalist atau data stream, baik itu engine speed (rpm mesin) atau vehicle speed  (kecepatan kendaraan ).

Jika datalist kecepatan mobil bisa terbaca dengan baik memakai scan tool dan menunjukkan suatu nilai saat mengecek sambil menjalankan mobil tetapi pada panel spido tidak sesuai dengan nilai angka datalist tersebut atau jarum speedometer tidak bergerak, maka bisa dipastikan panel speedo yang mengalamai kerusakan.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618