Penyebab roda depan bunyi ketika mobil belok

Ketika kita sedang mengemudi kita pasti merasa risih apabila ada bunyi yang terdengar pada roda depan mobil. Bunyi pada roda depan mobil yang menggunakan sistem suspensi MacPherson diantaranya disebabkan oleh kerusakan joint seperti, seperti joint pada long tie rod, yie rod end , ball joint, cv joint, joint stabiliser atau bush bush pada lower armdan lower arm itu sendiri.

Dari kerusakan beberapa komponen di atas akan menyebabkan bunyi yang terdengar dari roda depan mobil.

Atau mungkin karena ada batu dan kerikil yang masuk ke samping discbrake rem depan, bunyi roda depan bisa juga disebabkan kondisi kampas rem dan disc brake yang tidak rata, kondisi ini juga akan menyebabkan bunyi pada roda depan.

.

.

sebelum membahas lebih lanjut, bagi anda yang ingin mengetahui Promo Lebaran 2019 mobil Toyota dengan Dp Paling Murah atau Dp Paling minimal silahkan langsung klik aja artikel dibawah ini :

Promo Ceria September 2019 Toyota Deltamas

.

.

Ban depan mobil atau roda roda depan bunyi tek tek ketika belok – Di saat mengendarai mobil dan sedang menikung atau belok jika terdengar bunyi tak tak tak tak atau tek tek tek  seperti bunyi besi dipukul palu pada bagian roda entah depan yang kanan atau yang sebelah kiri apakah posisi belok sedang maju atau mundur tetap saja terdapat bunyi tersebut sebagai kerusakan pada as roda depan mobil.

Roda bunyi saat belok

Sering ditemukan untuk kendaraan atau mobil yang menggunakan penggerak roda depan yang disebabkan oleh drive shaft atau biasa kita sebut as roda dan tepatnya adalah CV Joint (Constant Velocity Joint) yang sudah rusak, bunyi nya pun bervariasi mulai bunyi pelan atau keras atau terdengar saat belok posisi mobil bergerak ke depan saja atau pun posisi mobil belok, baik maju atau mundur tergantung tingkat kerusakan CV joint.

Terkadang bunyi pun terdengar ketika saat nanjak inipun tergantung dari tingkat kerusakan cv joint atau as kopel atau as kokel, outhershaft, banyak sebutan yang dipakai untu menyebut komponen roda ini.

Beberapa bunyi yang bisa diidentifikasi jika cv joint rusak :

– Ketika belok kanan baik maju atau mundur terdengar bunyi tak tak tak tak di sebelah kiri artinya cv joint sebelah kiri yang rusak, atau ketika belok kiri baik posisi maju atau mundur akan terdengar bunyi di sebelah kanan artinya cv joint sebelah kanan yang rusak atau boleh dikatakan bagian yang terdengar bunyi pada roda baik kanan atau kiri yang mengalami kerusakan.

Gejala atau tanda cv joit rusak

Untuk mendeteksi gejala cv joint rusak selain dari bunyi ketika roda belok adalah ketika roda belok dengan kecepatan agak tinggi stir akan terasa membuang keluar atau mobil nyendat setiap kali lepas pedal kopling atau mobil terasa tertahan setiap lepas kopling.

Penyebab Kerusakan cv joint

Kerusakan cv joint lebih banyak atau lebih sering diakibatkan oleh robeknya boot cv joint, sehingga pelumas cv joint keluar saat roda mobil atau ban mobil berputar, lama kelamaan cv joint tidak mendapatkan pelumasan atau kering dan membuat cacat bagian – bagian bergerak pada cv joint sehinggam enimbulkan bunyi atau karena masuk air ke dalam karet boot cv joint.

Penyebab lain memang karena usia dan waktunya diganti atau kualitas cv joint sendiri karena tidak jarang baru beberapa hari ganti cv joint sudah bunyi lagi.

Sebenarnya kerusakan cv joint yang merupakan bagian dari as roda mobil, disebabkan oleh boot cv joint atau karet boot as robek bisa dideteksi lebih awal dengan melihat kondisi boot tersebut dan biasanya sebelum robek akan terlihat retak – retak di karet boot tersebut. Atau juga karena ikatan karet boot longgar dan terlepas.

Kalau karet boot sudah terlihat retak – retak lebih baik dilakukan penggantian boot untuk mencegah kerusakan cv joint. Cara mudah untuk melihat kondisi boot pun cukup mudah, tidak perlu mobil naik ke atas car lift , tetapi cukup putar kemudi atau stir  ke arah kiri penuh atau putar ke kanan penuh akan terlihat bagian boot cv joint untuk melihat kondisinya.

Kerusakan pada Tie Rod 

Fungsi dari Tie Rod adalah sebagai penghubung antara output rack steer dan steering knuckle yang ada pada roda mobil.

Kerusakan pada Tie Rod dapat menyebabkan roda berbunyi yang disebabkan karena timbulnya celah sehingga terdengar bunyi ketika mobil berjalan lurus maupun saat berbelok karena disaat itu lah tie rod sedang bekerja menahan beban yang berasal dari tenaga balikan dari setir atau kemudi.

Periksalah dengan memeriksa roda mobil dan buka baut yang mengikat pada Tie Rod End dan bukalah Tie Rod End di dalam Steering knuckle dan segeralah part tersebut dilakukan penggantian.

Kerusakan pada Steering Rack 

Bunyi yang  terdengan pada kaki kaki mobil anda juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada Steering Rack. Steering Rack juga berfungsi sebagai penghubung antara ujung poros roda dengan Rack Gear sehingga ketika setir digerakkan maka akan diikuti pula oleh gerakan poros roda. Kerusakan Rack bisa disebabkan oleh kurangnya pelumasan atau ada celah yang disebabkan poros rack yang sudah aus sehingga menyebabkan poros rack menjadi bengkok.

Demikianlah pembahasan mengenai ban mobil yang berbunyi ketika berbelok ke kiri atau pun ke kanan sebagai penutup kami dari Toyota Deltamas Medan menghimbau kepada seluruh konsumen agar selalu menjaga dan merawat kendaraan kesayangan anda dengan secara rutin melakukan service berkala di bengkel resmi.

Karena dengan secara rutin melakukan service berkala di bengkel resmi tentunya pemeriksaan yang dilakukan secara menyeluruh dengan fasilitas dan peralatan yang lengkap. Pemeriksaan yang menyeluruh meliputi mesin, kelistrikan dan komponen pada kaki kaki mobil dengan spooring dan balancing sehingga permasalahan yang timbul pada kaki kaki kendaraan bisa diatasi dan meminimalkan kerusakan yang lebih besar. Karena kondisi kaki kaki pada mobil kesayangan kita sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan dan juga sekaligus menjaga keselamatan kita dalam berkendara. Banyaknya angka kecelakan yang ditimbulkan disebabkan oleh kondisi ban dan kaki kaki mobil yang tidak prima.

.

.

Informasi Harga Promo dan Cicilan Kredit serta Spesifikasi Mobil Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sienta – Yaris

.

Rekomendasi Dealer Resmi Toyota Medan – Sumatera Utara – Aceh 

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618

callme_itxt_red_70

img-20161020-wa0012

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan