Penyebab pedal kopling keras atau berat

Permasalahan seperti inilah yang paling ditakuti setiap pemilik kendaraan roda empat terutama wanita, apakah itu ??? …

Pernahkah anda mengalami pedal kopling terasa keras ketika di injak pada mobil anda ataupun mobil teman yang sengaja anda pinjam untuk keperluan anda. Memang pedal kopling yang keras menyebabkan kaki pegal dan kram karena kaki harus memainkan pedal yang keras tersebut. Banyak penyebab mengapa pedal kopling bisa menjadi keras namun yang pasti biasanya disebabkan karena setelan kopling yang terlalu kencang dan juga karena kualitas pegas diafragma tidak baik.

Biasanya bila anda mendatangi bengkel resmi saran yang diberikan adalah anda harus mengganti satu set sistem kopling diantaranya adalah release bearing,matahari / pegas diafragma,dan piringan kampas. Memang satu satunya jalan mengatasi kerasnya pedal kopling adalah dengan mengganti part tersebut.

Namun bila anda kebetulan sedang tidak membawa uang dalam jumlah banyak,sedang berhemat untuk kebutuhan lain saran saya cukup mengganti matahari atau pegas diafragma saja bila kondisi kampas masih bagus,karena sebenarnya bisa membeli part tersebut tidak satu set.

Alasan bengkel menjual part tersebut satu set adalah yang pertama berhubungan dengan revenue atau pendapatan bengkel dan yang kedua adalah untuk menghindari kembalinya mobil / return job setelah penggantian part. Biasanya dan paling sering saya temui memang bila kita tidak mengganti part kopling satu set,ke esokan harinya mobil datang kembali dengan keluhan bunyi di area kopling,yakni bunyi ketika pedal kopling di injak. Dan tersangka utamanya biasanya adalah release bearing.

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618