Penyebab Indikator Oli mobil terus menyala

Situsi seperti ini bisa saja menghampiri pemilik mobil yaitu :

Ketika kita sedang berkendara tiba – tiba mata kita tertuju pada indikator yang ada di dashboard mobil dan melihat indikator oli nyala. Mengapa lampu indikator oli menyala terus walaupun mobil sudah berjalan? Lampu indikator oli yang menyala terus ini menandakan bahwa sirkulasi oli tidak mumpuni untuk bekerja dengan baik dengan kata lain sedang ada masalah.

Sirkulasi oli yang tidak mumpuni tersebut tentunya akan memercepat keausan komponen mesin mobil. Beberapa hal bisa menyebabkan hal tersebut terjadi di antaranya adalah oli yang telah kotor atau buntu, kurangnya oli mesin, atau dapat pula karena pompa oli yang telah lemah.

Kemungkinan lain yang bisa menyebabkan tidak lancarnya sirkulasi oli ini adalah adanya gangguan atau masalah di saluran pelumasan. Biasanya, hal ini diikuti oleh kecenderungan temperatur atau suhu yang gampang naik.

Langkah atau tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengecek level oli. Bila dilihat bahwa kondisi oli dalam keadaan yang cukup, artinya adalah di antara garis max dan min, maka cobalah untuk melakukan engine flush yang diikuti dengan penggantian filter oli.

Bila lampu indikator masih juga menyala, maka cobalah untuk melakukan pemeriksaan sensor oil pressure. Jangan-jangan ini sudah terlalu kotor sehingga memberi sinyal yang salah ke bagian dasbor mobil.

Sesudah dipastikan semuanya dalam kondisi yang beres, namun lampu indikator oli masih menyala juga, barulah dilakukan pembongkaran pompa oli. Bagian yang satu ini merupakan langkah terakhir sebab posisinya yang mewajibkan dilakukan turun mesin bila ingin mengerjakan dengan baik.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sients – Yaris – Medan – Sumatera Utara – Aceh 

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618