Pengecekan kendaraan setelah mudik lebaran

Setelah habis musim liburan lebaran, tentunya mobil kesayangan kita juga wajib di cek karena sudah di gas habis selama lebaran kemarin apalagi yang kampung halaman nya jauh.

 

Langkah Pertama. Bagi Anda yang baru saja melakukan perjalanan mudik Lebaran, sesampainya Anda dirumah, segeralah membersihkan eksterior mobil Anda. Mulai dari cuci bersih seluruh permukaan bodi termasuk bagian roda dan kolong mobil. Bila debu atau kotoran dibiarkan terlalu lama menempel di bodi mobil, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat body menjadi kusam. Dan tak lupa, perhatikan pula apakah ada bagian dari eksterior mobil yang rusak atau baret setelah menempuh perjalanan jauh. Apabila ada, segera bawa ke salon mobil kepercayaan Anda agar kondisi eksterior mobil bisa kembali sempurna.

Langkah Kedua. Setelah Anda selesai membenahi sisi eksteriornya, bagian interior mobil juga patut diperhatikan kebersihannya. Gunakan lap atau penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang ada dipermukaan dashboard, doortrim, maupun plafon mobil Anda. Dan pastikan Anda mencuci bersih bagian karpet mobil Anda dari kotoran yang menempel. Buang semua sisa-sisa bungkus makanan yang mungkin masih tertinggal di dalam mobil. Bila bagian interior dibiarkan terlalu lama dipenuhi kotoran maka akan meninggalkan bau tak sedap.

 

Langkah ketiga.

Sementara bagian eksterior serta interior Anda telah selesai bereskan. Jangan pernah melupakan bagian jantung mekanis. Mesin mobil Anda sudah bekerja keras ketika digunakan mudik Lebaran, karena itu cek secara seksama bagian ini. Periksa ketinggian air pada radiator, aki, hingga washer wipper. Jika berkurang atau habis, segera tambahkan dengan air yang sesuai untuk masing-masing kebutuhan. Periksa juga kuantitas oli mesin, oli power steering, minyak rem, dan oli kopling. Menurut hemat kami lakukan penggantian oli-oli tersebut meskipun belum memasuki jadwal servis rutin, karena mesin yang telah bekerja dengan berat selama perjalanan mudik bisa kembali segar jika dilakukan penggantian oli.

Langkah Keempat. Bagian inilah paling sakral bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik Lebaran. Dimana kontur jalan lintas daerah terkadang tidak semulus Ibukota. Banyak lubang yang menganga, bebatuan, hingga permukaan jalan yang masih berupa tanah bisa membuat sistem suspensi mobil Anda bekerja ekstra saat dipakai mudik Lebaran. Karenanya cek kondisi suspensi, per, shock absorber, as roda, bearing, tieroad, ball join, hingga gardan. Periksa dengan seksama apakah ada tanda-tanda terjadi benturan pada komponen tersebut atau terdengar suara-suara aneh yang muncul. Jika iya segera ganti komponen tadi sebelum kerusakan menjalar hingga ke bagian suspensi lainnya.

 

Langkah kelima. Selain suspensi, bagian velg dan ban juga perlu Anda perhatikan pasca menjalani mudik Lebaran. Dan pastikan Anda juga memeriksa apakah keadaan velg masih sama seperti sebelum Anda berangkat mudik. Tak lupa, Anda juga wajib mengecek juga adanya kemungkinan velg terbentur atau penyok. Perhatikan pula kondisi ban, apakah ada bagian yang robek, Menggumpal atau benjol, sekaligus mengecek apakah berkurang tekanan anginnya. Jangan lupakan juga periksa bagian rem seperti cakram rem, kampas rem, atau kaliper. Jika kampas rem habis atau menipis, ganti dengan yang baru. Bersihkan pula cakram rem dari semua kotoran yang masih menempel agar sistem pengereman roda mobil Anda kembali optimal.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh 

 

Silahkan Hubungi Kami  : 

0853-7325-1618