Mesin mobil lansung mati ketika AC dinyalakan

Ketika kita hendak bepergian betapa terkejutnya ketika kita hendak menyalakan AC namun secara tiba – tiba mesin mobil kita mati. Tentunya hal ini mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara.

Sebagai pertanda ketika mesin hidup dan ac dinyalakan maka akan timbul bunyi tek- tek yang disebabkan oleh aliran listrik yang tersendat sendat ke gulungan spull magnetic clutch atau dengan kata lain on off dari kompresor ac yang terlalu cepat hingga menyebabkan sistem ac kepanasan karena tekanan yang berlebihan sehingga sensor akan memutus aliran listrik ke kompresor.

Maka kali ini akan kita bahas untuk mengetahui penyebab dari mesin mobil mati ketika AC mobil dinyalakan. Di dalam sistem mesin mobil, AC mobil yang didalamnya terdapat rotasi kompresor AC yang berputar dengan mesin merupakan beban mesin (Load Enginge) mobil. Kita ambil contoh ketika AC dihidupkan maka yang terjadi adalah kenaikan beban mesin sebesar 26-28 %. Dalam AC pun terdapat beban kelistrikan, yaitu blower, extra fan dan clutch compresor yang semuanya memerlukan listrik. Ditambah beban alternator dalam mesin mobil.

 

Maka sudah jelas bahwa AC mobil merupakan beban mesin yang memerlukan sistem idle up, karena tanpa itu akan mengakibatkan RPM mesin down saat AC dihidupkan, bahkan mesin mobil pun bisa mati. Maka idle up sangat diperlukan untuk AC mobil, yang fungsinya yaitu menaikan RPM saat AC dihidupkan.

Maka penyebab mobil mati saat AC dihidupkan, yaitu: Kompresor AC macet, yang mengakibatkan tidak sinkronnya sistem mesin mobil. Idle Up tidak bekerja dengan maksimal ataupun tidak berfungsi sama sekali. Perlu anda ketahui bahwa RPM normal untuk mobil saat idle adalah 600 RPM-850 RPM. Namun beberapa mobil mempunyai unit proteksi ketika idle dibawah 50 RPM, maka hasilnya AC mobil tidak akan bisa dihidupkan.

Pengaturan Idle-up AC Mobil:

1. Mobil Karburator

Untuk mengontrol idle up ac mobil pada mobil yang menggunakan karburator, umumnya dengan selenoid valve. Fungsinya yaitu untuk mengkoneksikan slang vacum dari intake manipol dengan mekanikal vacuum, yang fungsinya untuk mendorong sedikit katup gas supaya terbuka sedikit ketika ac hidup untuk menaikan rpm mesin mobil.

2. Pada Mobil Injeksi Setingan idle up pada mobil injeksi, terdapat pada ISC (Idle Speed Control) untuk mobil EFI yang mengaplikasikan ISC. Contohnya yaitu Avanza Xenia, Honda Jazz 2005, Timor DOHC EFi, Vios Limo. Pengaturan idle up ac mobil oleh Motor Control Throttle Valve apabila mesin sudah memakai ETCS seperti Kijang Innova, Honda Jass RS 2009, New Limo,Yaris dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa panduan cara mengatasi mesin mobil mati saat AC dinyalakan, tentunya yang paling efektif yaitu bawa mobil anda ke bengkel yang telah terpercaya kualifikasinya. Artikel ini sifatnya menginformasikan, sebagai panduan anda untuk mengetahui cara mengatasi mesin mobil mati saat AC dinyalakan.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sienta – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh 

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan