Mengemudi Saat Macet di Tanjakan Curam dengan Mobil Manual

Pada masa liburan begini, hal seperti ini tidak bisa dihindari kemacetan yang panjang membuat kita sering stop and go, bagi pengemudi yang masih pemula tentunya kondisi seperti ini bisa mengakibatkan stress yang berlebihan karena membayangkan hal negatif yang bisa saja dialami.

Ketika pengemudi pemula yang masih belum fasih mengoperasi kan fungsi ketiga pedal dari mobil manual, maka ketika panik perpindahan dari menginjak pedal rem berpindah ke gas serta singkron kaki kiri melepas kopling tidak sesuai maka yang terjadi mesin hanya meraung keras tapi mobil nya malah mundur dan menyenggol kendaraan yang berada di belakang karena kita tidak melepas kopling dan ketika kita teringat melepas kopling secara tiba-tiba yang ada mobil akan loncat karena gas yang terlalu tinggi. Hal seperti ini bisa mengakibatkan mesin mobil mati mendadak.

Untuk menghindari mesin mati saat di tanjakan maka sebahagian orang menggunakan trik yang salah dan keliru yaitu dengan cara membuka setengah pedal kopling secara terus menerus, cara seperti ini adalah cara yang keliru karena bila dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan kopling cepat habis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk Menghindari kejadian tersebut diatas, maka cara yang lebih mudah dan aman adalah dengan bantuan rem tangan sebagai tambahan. Urutan teknik Stop and Go dengan menggunakan bantuan rem tangan adalah sebagai berikut:

  1. Kaki kanan menginjak pedal gas sembari kaki kiri tetap menginjak kopling secara penuh, kemudian tarik rem tangan secara perlahan, lepaskan kaki kanan yang menginjak pedal rem secara perlahan dan pastikan bahwa mobil tidak mundur
  2. Apabila dirasa mobil di depan anda belum bergerak maju maka sebaiknya pindahkan tuas transmisi ke N (netral) dan lepaskan pedal kopling secara perlahan.
  3. Ketika mobil di depan bergerak maju secara perlahan beri jarak kendaraan di depan anda. Kemudian injak pedal gas sedikit demi sedikit sambil melepaskan kopling maka turunkan rem tangan secara perlahan dan ketika sudah berjalan pastikan rem tangan sudah benar – benar turun atau tidak aktif hal tersebut bisa dilihat pada indikator pada MID mobil anda pastikan lampu rem tangan tidak menyala.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sienta – Yaris – Medan – Sumatera Utara – Aceh 

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan