Mengapa mobil bergetar pada saat kecepatan rendah

Pertanyaan ini selalu timbul pada para pemilik mobil lawas atau mobil yang usia pakainya sudah lebih dari 10 tahun. Kenyamanan dan dalam berkendara (Fun to Drive) merupakan impian setiap orang bila mobil sering bergetar dengan tidak wajar terutama pada saat kecepatan rendah tentunya menghilangkan kenyamanan kita dalam berkendara.

Berkendara dengan kecepatan rendah biasanya terjadi ketika mobil kita penuh dengan muatan saat bepergian bersama keluarga, atau ketika kita berkendara di jalanan yang macet.

Bagi anda yang ingin mengetahui Mengapa mobil bergetar pada saat kecepatan rendah. Berikut ini akan kami sampaikan informasi nya sebagai berikut :

 

  • Dudukan mesin (Engine Mounting)

Engine mounting atau dudukan mesin adalah faktor penyebab yang paling besar terjadinya guncangan atau getaran pada mesin karena engine mounting inilah yang berfungsi sebagai dudukan mesin pada chasis pada sebuah mobil dan menahan getaran pada mesin.

Kerusakan pada engine mounting biasanya terjadi karena gaya berkendara kita yang kasar, seperti berakselerasi secara tiba tiba dan mengerem secara mendadak atau dengan kata lain Stop and Go. Selain itu gaya berkendara ketika melalui jalan yang bergelombang atau polisi tidur yang berderet dengan kasar dan tidak mengurangi kecepatan.

Engine Mounting atau dudukan mesin terbuat dari bahan karet yang tentunya kuat, namun bahan karet paling sering menjadi getas dan pecah sehingga getaran mesin tidak lagi bisa diredam oleh engine mounting tersebut.

Kerusakan engine mounting ditandai dengan mesin akan berbunyi duk duk pada saat mesin pertama kali di starter, setelah kita masuk gigi 1 pada saat melepas pedal kopling juga akan mengeluarkan suara duk – duk.

 

  • Injector

Proses kerja dari sistem injeksi tentunya tidak terlepas dari ECU (Electronic Control Unit) yang berfungsi untuk mengontrol suply bahan bakar yang diperlukan oleh mobil.

Permasalahan lain penyebab mobil bergetar adalah Injector atau dengan kata lain suply bahan bakar ke ruang mesin tidak lancar, hal tersebut berakibat dari injector yang kotor atau tersumbat. Selain menimbulkan getaran atau guncangan pada mesin, injecktor yang bermasalah juga mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Maka dari itu sebaiknya injector rutin untuk dibersihkan, untuk membersihkan nya sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau dealer resmi, untuk informasi dealer resmi silahkan lihat artikel dibawah ini :

Rekomendasi Dealer Resmi Toyota di Medan

 

 

  • Busi

Selain dari injektor, busi yang rusak juga merupakan penyebab dari timbulnya getaran pada mobil. Karena busi merupakan pemantik api yang membakar bahan bakar jadi jika salah satu busi ada yang rusak menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga mesin menjadi tidak singkron dan menimbulkan getaran. Untuk menghilangkan getaran dan hasil yang sempurna sebaiknya ganti busi secara menyeluruh , sehingga api yang dihasilkan menjadi sempurna untuk pembakaran di ruang mesin.

 

  • Cross Joint Propeler Shaft

Fungsi dari Cross Join Propeler Shaft adalah menyalurkan tenaga dari mesin ke gardan jika terjadi kemacetan pada bagian ini maka pada kecepatan rendah mobil akan bergetar karena tenaga yang dihasilkan tidak bisa diteruskan secara lancar namun tersendat.

 

 

  • setingan mesin yang tidak pas atau tidak tepat

Setingan mesin yang tidak pas juga merupakan faktor penyebab timbulnya getaran mesin. bila jarum penunjuk tingkat putaran mesin bergerak naik turun tidak stabel maka dapat dipastikan bahwa ada masalah dalam setingan mesin. Setingan mesin yang tidak tepat bisa disebabkan ada kesalahan dalam memasang komponen atau ada beberapa bagian komponen yang telah aus. Untuk itu hendaknya kendaraan anda service di bengkel resmi. Karena kalau service di bengkel resmi tentunya standarisasi sudah sesuai dengan pabrikan selain itu service di bengkel resmi tentu nya banyak promo dan hadiah yang ditawarkan seperti yang ditawarkan pada artikel dibawah ini.

 

Service di Toyota Deltamas Medan berhadiah Agya

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota AvanzaInnovaFortunerAgyaRushSientaYarisMedanSumatera UtaraAceh

 

Silahkan Hubungi Kami :

0853-7325-1618

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan