Informasi kode pada ban mobil

 

Ban merupakan komponen terpenting dari kendaraan, ban memiliki jenis dan karakteristik berbeda-beda. Masing-masing jenis disesuaikan dengan fungsi dan tipe kendaraan yang memakainya.

Namun, mengenal ban bukan sekadar soal jenis, merek dan diameter, ada kode unik yang tercetak pada ban dengan makna-makna tertentu.

Kode ini menjadi keterangan spesifikasi ban dari produsen. Lalu, bagaimana cara membaca kode tersebut? Sebagai contoh, Indonesia yang menggunakan pengukuran metric, kebanyakan ban standard pabrikan memiliki kode 185/65/R16 88H, apa maksudnya?

Lebar, dan Tinggi Angka 185 menunjukkan kode lebar telapak ban yang memakai satuan ukur milimeter, jadi angka tersebut berarti telapak ban memiliki lebar 185 milimeter. Berikutnya ada angka 65, menunjukkan ketebalan/tinggi dinding ban yang dihitung melalui persentase lebar ban, maka 65 adalah tebal/tinggi ban 65% dari lebar telapak. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin tipis dinding ban.

 

Kode Produksi

Untuk melihat kode produksi dari ban mobil dapat dilihat dari 4 (empat) angka yang tercantum seperti yang telihat pada gambar dibawah ini. Dua angka pertama menunjukkan periode minggu pembuatan sedangkan dua angka selanjutnya menunjukkan tahun pembuatan :

 

 

 

 

Sebagai contoh bila angka tertera pada ban mobil 3612 berarti ban tersebut di produksi pada minggu ke 36 di tahun 2012 atau dengan kata lain ban tersebut di produksi pada bulan september pada tahun 2012.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618