Faktor Penyebab Mesin Mobil Pincang

Faktor Penyebab Mesin Mobil Pincang. Bagi setiap orang yang memiliki mobil yang usia pakainya lebih dari 5 (lima) tahun pasti pernah merasakan hal yang serupa, baik itu mobil yang menggunakan mesin diesel ataupun bensin.

 

Diesel

Untuk itu terlebih dahulu kita membahas Faktor penyebab mesin mobil menjadi pincang yang terjadi pada mesin diesel. Mesin yang dikatakan pincang adalah mesin yang putaran nya tidak rata pada saat mesin langsam atau idle.

 

Pompa Injeksi 

Kerusakan pada pompa injeksi disebabkan karena spring rotor head yang patah. Karena pompa injeksi merupakan komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dan mensuply nya ke mesin diesel

Analisa gangguan yang sering terjadi pada pompa injeksi mesin diesel yaitu tidak maksimalnya tenaga mesin yang dihasilkan dan gangguan putaran mesin tidak stabil.

 

Nozzle

Selanjutnya kita harus periksa nozzel karena pemeriksaan nozel ini tidak membutuhkan biaya yang mahal. Fungsi dari nozzle ini adalah untuk proses pengabutan bahan bakar.

Terlebih dahulu lepaskan ke empat over flow pipe dari nozzle bersihkan dengan sikat yang berbahan kawat periksa lubang nozzle mungkin ada kerak yang tersumbat selanjutnya gunakan pressure gauge untuk melihat apakah ada tetesan solar yang timbul setelah proses pengabutan. Buang angin dengan menekan tuas pada pressure gauge sampai bahan bakar yang keluar tidak berbuih apabila buih nya sudah hilang maka kencangkan kembali baut pengikat nozzle. Bila sudah dibersihkan tetapi masih timbul tetesan solar pada setiap akhir proses pengabutan maka sebaiknya dilakukan penggantian komponen.

 

Klep

Pada mesin diesel, klep merupakan komponen yang sangat penting karena fungsinya sebagai pengatur masuk campuran udara dan bahan bakar ke ruang mesin serta menerukan pembuangan gas hasil sisa pembakaran ke udara luar. Klep pada mesin diesel ada dua yaitu klep masuk dan buang.  Jika terjadi kebocoran maka kompresi akan menurun pada saat terjadi saat pengabutan bahan bakar.

 

 

Bensin

Sedangkan pada mesin bensin analisa penyebab mesin menjadi pincang atau putaran mesin tidak normal seperti biasanya yaitu dari Faktor bahan bakar dan pengapian.

Sistem bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi biasanya sudah diatur oleh komputer mengenai jumlah bahan bakar yang dimasukkan ke masing masin silinder. Jika salah satu injektor mengalami kerusakan atau tidak dapat bekerja secara normal maka itulah penyebab dari mesin yang pincang.

 

Kompresi mesin yang menurun terhadap bahan bakar

Pembakaran yang sempurnya dihasilkan dari kompresi mesin yang tinggi. Menurunya kompresi mesin bisa diakibatkan karena kerusakan ring piston dan dinding silinder, jika salah satu silinder mengalami penurunan kompresi maka mengakibatkan mesin menjadi tidak normal.

 

Busi

Mesin mobil biasanya menggunakan 3 silinder dan 4 silinder jika salah satu silinder tidak berfungsi yang diakibatkan oleh busi nya yang mati maka secara langsung mengganggu kestabilan mesin sehingga mesin menjadi bergetar secara berlebihan.

 

Ignition Coil

Ignition Coil fungsi nya untuk menaikkan tegangan dari aki kemudian menghasilkan percikan bunga api setelah diteruskan ke busi. Jika Ignition Coil tidak berfungsi maka secara langsung akan berpengaruh terhadap pengapian ruang bakar.

Tindakan salah kaprah yang sering dialami bagi sebagian orang jika mesin mobil pincang maka langsung mengganti busi tanpa terlebih dahulu memeriksa rangkaian pendukungnya seperti busi , aki dan ignition coil.

Bisa saja mesin pincang tersebut disebabkan karena igniton coil nya kendur, kotor atau rusak sehingga tidak bisa dipergunakan lagi dengan kata lain jangan langsung terburu – buru untuk mengambil langkah mengganti busi sebab bisa jadi busi nya masih bagus.

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota AvanzaInnovaFortunerAgyaRushSientaYarisMedanSumatera UtaraAceh

Silahkan Hubungi Kami :

0853-7325-1618

 

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan