Cara mengganti ban cadangan Innova

Siapa bilang membuka ban cadangan (serep) di Toyota Kijang Innova (KI) sulit? Mudah kok, tinggal masukin, putar dan tarik! Terlebih KI keluaran (yang dipasarkan, red) Auto2000 karena di MPV itu sudah dipasangi spare tire cover. “Cover untuk memudahkan membuka ban serep karena ada rodanya. Selain itu, ban terlindung dari kotoran dan aman karena tertutup,” jelas Adi Widyanggodo, kepala bengkel Auto2000 cabang Puri Kembangan, Jakbar. Nah, sekarang kita tes yuk seberapa gampangnya.

 

Pertama, siapkan peralatan pendukung. Semua peralatan itu tersedia di dalam kantong tools kit yang ada di dalam kotak penyimpanan. Posisinya ada di kabin paling belakang atau tepat di belakang bangku baris ketiga sebelah kiri.

Ada 5 item tools yang dibutuhkan; kunci mur/baut roda, kunci pas 10 dan batang dongkrak yang terdiri dari 3 bagian (ujung, sambungan dan handel)

(Gbr.1). Sebelumnya, sambung batang atau handel dongkrak jadi satu bagian. Saat menyambung batang dongkrak, jangan lupa mengencangkan baut pakai kunci pas 10. Jika tidak, dikhawatirkan sambungan akan terlepas ketika digunakan dan dapat merusak bodi atau cat mobil. Setelah sambungan oke, buka pintu belakang mobil dan Anda akan temukan sebuah lubang. Masukkan ujung handel yang berbentuk hook (menghadap ke kanan atau arah jam 3) ke dalam lubang tersebut.

Setelah itu, putar handel berlawanan arah jarum jam dengan sedikit menekan ke depan untuk menurunkan ban (Gbr.2). Kelar cover menyentuh tanah, tarik pelindung ban serep itu dan lepas rantai dengan cara melepas bracket pemegang dari lubang pelek bagian tengah.

 

 

Lantas, tarik kembali cover hingga lebih mudah untuk mengangkat atau mengeluarkan ban serepnya (Gbr.3). Nah, setelah beres mengganti dengan ban serep, langkah pemasangannya kebalikan dari cara membuka.

Namun, ada perhatian khusus dalam pemasangan bracket rantai ke pelek dan cover-nya. Yaitu, pemasangan pin yang ada bracket harus pas dan benar-benar nyangkut di lubang pelek (Gbr.4). Kalau tidak, ban berikut pelindungnya jatuh.

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618