Cara mengenali mobil bekas yang pernah terendam banjir

Mengawali tahun 2020 ini Curah hujan dengan intensitas yang tinggi mengakibatkan banjir yang cukup hebat di sebagian wilayah ibu kota. Hal ini tentunya mengakibatkan banyak mobil – mobil yang terperangkap genangan banjir.

Bagi sebagian pemilik mobil yang pernah terendam banjir tentunya memiliki niat untuk menjual mobilnya tersebut dengan memperbaiki terlebih dahulu hal ini dilakukan karena para pemilik mobil yang terendam banjir tidak mau mengalami kerusakan yang lebih parah lagi kedepannya.

Dengan adanya kemungkinan mobil bekas terendam banjir yang pasti bakalan beredar di pasaran mobil bekas, karena moment ini pasti dimanfaatkan bagi sebagian pedagang mobil bekas yang nakal untuk mencari keuntungan yang berlipat dengan membeli dengan harga murah tetapi menjualnya dengan harga yang tinggi.

Untuk itu kami mencoba memberikan informasi bagaimana mengenali mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Mobil yang terendam banjir kalau memang hanya sebatas lantai mobil maka permasalahannya tidak terlalu berat. Akan tetapi bila mobil yang terendam hingga sampai ke dashboard tentunya semakin parah dikarenakan sumber kelistrikan yang terdapat di mobil pengaturannya berada di dashboard.

Bagi anda yang berencana membeli mobil bekas, mari kita bahas cara mengenali mobil yang terendam banjir agar kita dapat mengetahui seberapa parah kondisi mobil tersebut.

  1. Periksa asal usul kendaraan

cara yang paling sederhana kita dapat melihat dari STNK nya. Kita dapat melihat alamat dari si pemilik mobil apakah daerah tersebut memang daerah yang rawan banjir.

2. Periksa kondisi Interior

Mobil yang terendam banjir tentunya mengakibatkan jok mobil juga ikut terendam, hal ini tentunya akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam ruang kabin, karena terdapat bagian – bagian yang basah dan sulit untuk dibersihkan.

.

.

Periksalah kisi -kisi AC, Penutup Speaker, kabel- kabel di belakang dashboard dan rel pada jok mobil.

Bila ada endapan lumpur atau pasir yang tidak wajar, maka dapat dipastikan bahwa bagian tersebut pernah terendam banjir.

3. Periksa kelistrikan dan perangkat elektronik pada mobil

Banjir yang merendam mobil hingga sampai ke dashboard tentunya menimbulkan masalah pada perangkat elektronik pada mobil, untuk itu maka periksa semua nya apakah ada indikator yang menyala dan fungsi nya meliputi wiper,lampu , AC serta perangkat audio, apakah masih normal atau ada kejanggalan. Jika ditemukan adanya indikator yang menyala atau fungsi yang tidak normal maka sebaiknya urungkan niat untuk membelinya.

Note : langkah – langkah diatas merupakan tips sederhana. Untuk lebih memastikan nya lebih baik gunakanlah jasa tenaga ahli atau bawa lah mobil tersebut ke bengkel resmi atau bengkel langganan anda agar terhindar dari kekecewaan setelah membelinya.

.

.

Informasi Harga Promo dan Cicilan Kredit serta Spesifikasi Mobil Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sienta – Yaris

.

Rekomendasi Dealer Resmi Toyota Medan – Sumatera Utara – Aceh

.

.

Silahkan Hubungi Kami :

0853-7325-1618

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan