Cara mengemudi mobil matic

Berikut ini kami infokan kepada pengguna jalan raya mengenai cara mengemudi dengan menggunakan mobil automatic ,kapan harus mengganti gigi ke D1, D2 atau D3. Sudah dengar juga kalau posisi tersebut digunakan untuk tanjakan, konsepnya melimit transmisi untuk “berpindah gigi”.

#eh apakah masih betul bicara “pindah gigi” ya? Karena sudah banyak mobil matic yang CVT alias gigi-less model matic.

Pemakaian mudahnya untuk D, D3, D2, D1 kira-kira begini:

– D untuk jalanan datar atau tanjakan gradual Mobil bisa mencapai kecepatan maksimum pada gigi ini

– D3 untuk jalanan agak menanjak

– D2 untuk jalanan menanjak

– D1 untuk jalanan menanjak pol

Ini pun tidak mengikat, si pengemudi harus memperhitungkan:

 

Muatan mobil dan kemampuan mesin

Pada mobil-mobil matic ber CC kecil, misalnya di bawah 1.300 cc, efek muatan akan sungguh terasa. Membawa mobil hanya bermuatan 1 orang (supir) dan full 1 keluarga apalagi orangnya besar-besar akan terasa saat di tanjakan. Jadi ketika di tanjakan…Semakin banyak muatan, semakin kecil angka gigi yang di pilih.

Posisi tanjakan

Pada tanjakan misalnya flyover jalan tol perkotaan, jika jalanan lancar bisa masuk dengan kecepatan 90 kpjan, dengan posisi gigi di D pada beban sedang pun mobil bisa naik dengan mudah.

Tapi jika ditanjakan ada truk yang sulit naik, kemudian kecepatan mobil matic turun ke 20 kpj-an *kira-kira, lebih baik pindahkan gigi ke yang lebih rendah, bisa ke D3 atau malah ke D2.

Pada parkir gedung bertingkat dimana tidak ada awalan untuk menanjak, kadangkala dibutuhkan sampai D2 untuk bisa safe naik. Jadi…Lihat juga posisi tanjakan, seberapa curam lihat juga apakah ada awalan momentum sebelumnya?

Pada traffic perkotaan yang mayoritas datar seperti Jakarta, gunakan 1 gigi yaitu D saja harusnya sudah cukup. Untuk tanjakan ringan yang gradual masih bisa naik dengan mudah.

 

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618