Cara menambah tenaga mesin / Horse Power mobil dengan mudah

Pada dasarnya mobil yang keluar dari pabrikan lebih mengutamakan penghematan bahan bakar dan menekan biaya pemeliharaan dari pada meningkatkan performa.

Tenaga atau performa mesin dihitung dengan berbagai satuan. Salah satu satuan pengukuran populer adalah horsepower (Hp). Semakin besar horsepower akan semakin besar pula output tenaga yang dikeluarkan oleh sebuah mobil.

Meningkatkan Horsepower Mesin Mobil Kebanyakan mobil telah memiliki spesifikasi tenaga mesin standar. Namun, sebagian pemilik mungkin ingin meningkatkan tenaga mesin untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa ditempuh.

1. Mengganti Chip Komputer Pemilik dapat mengganti chip ROM dalam engine control unit (ECU) untuk meningkatkan tenaga. Namun dalam banyak kasus, hal ini hanya akan efektif jika disertai dengan modifikasi lainnya seperti dalam masukan udara (air intake) dan sistem pembuangan. 

Modifikasi program sistem komputer mobil disebut reflashing atau program ulang. Sisi positif memprogram ulang sistem komputer mobil anda dapat membuat tenaga mobil menjadi lebih efisien dan meningkat luar biasa namun sisi negatif nya adalah prosesnya yang mahal dan dapat menurunkan tingkat efisiensi bahan bakarnya. 

2. Modifikasi Sistem Pembuangan

Mengganti sistem pembuangan bisa meningkatkan horsepower mesin. Sistem pembuangan (knalpot) canggih menggunakan pipa besar, header, dan free flow muffler untuk mengurangi hambatan udara (tekanan balik) sehingga pembuangan jadi lebih lancar.

3. Memasang Turbocharger Saat menambahkan turbo atau super charger jangan lupa untuk mengganti silinder dengan ukuran lebih besar.

Turbocharger memampatkan udara yang masuk ke silinder. Hal ini akan meningkatkan jumlah oksigen dalam silinder untuk meningkatkan proses pembakaran. Dengan kata lain, lebih banyak oksigen berarti lebih besar tenaga sebuah mesin.

4. Mendinginkan Udara Masuk Suhu tinggi akan membuat udara memuai, sedangkan udara dingin bersifat lebih padat. Alih-alih udara panas, udara dingin harus dimasukkan dalam ruang bakar untuk meningkatkan tenaga mesin. Cara ini dapat dicapai dengan memasang intercooler, yang merupakan jenis radiator dengan turbocharger. Jadi, sebelum memasuki silinder, udara dikompresi oleh turbocharger kemudian didinginkan oleh intercooler.

5. Mengurangi Berat Mobil Beban yang terlalu berat akan memperlambat laju kendaraan. Dengan kata lain, memperingan bobot mobil akan meningkatkan tenaga. Namun, menurunkan berat mobil tidak berarti Anda harus melepas komponen atau bagian mobil. Tujuan ini bisa dicapai dengan mengganti sebagian komponen dengan bahan yang lebih ringan. Atau, pastikan bagasi dan kursi belakang bersih dari barang yang tidak dibutuhkan.

6. Saringan Udara (Air Filter) Saringan udara membantu menghilangkan partikel padat seperti debu, serbuk sari, dll sebelum memasuki silinder. Ukuran saringan udara yang lebih besar memungkinkan lebih banyak udara masuk ke mesin. Lebih banyak udara membuat piston berfungsi secara efisien sehingga meningkatkan horsepower.

7. Busi dan Bahan Bakar Busi iridium akan membuat mobil berjalan lebih cepat karena menghasilkan pembakaran bakan bakar secara lebih sempurna. Pilih pula bahan bakar dengan oktan tinggi serta bebas timbal untuk meminimalkan residu yang tertinggal pada mesin. Mesin yang tetap bersih akan berkontribusi pada tenaga mobil yang tetap terjaga.

Bagi anda yang ingin mengetahui Informasi Harga Mobil Baru Toyota silahkan langung aja klik artikel dibawah ini :

Daftar Harga Toyota di Medan Periode April 2019

Bagi anda yang ingin mengetahui Promo Dp Paling Murah Mobil Toyota langsung aja klik artikel dibawah ini :

Promo Toyota Deltamas Medan April 2019

.

Informasi Harga Promo dan Cicilan Kredit serta Spesifikasi Mobil Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sienta – Yaris 

.

Rekomendasi Dealer Resmi Toyota Medan – Sumatera Utara – Aceh 

.

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan