Cara memasang aki mobil baru

Bagi sebahagian orang yang rumahnya berdekatan dengan bengkel mobil tentunya tidak akan pernah mengalami masalah yang berkaitan dengan mobil pribadinya. Tinggal panggil montir langganan semuanya selesai dalam sekejap. Akan tetapi meskipun begitu setidaknya kalau hanya memasang aki mobil sebaiknya kita juga harus mengetahuinya.

Aki atau accu adalah komponen penting dari mobil kita. Fungsinya sudah tentu sebagai sumber tenaga untuk kebutuhan kelistrikan yang ada di mobil. Jika aki kita bermasalah, maka akan banyak masalah pula yang turut menyertainya. Contoh yang tidak menyenangkan dan pernah saya alami adalah dinamo starter tidak bisa hidup sehingga mesin mobil tidak dapat dinyalakan. Kalau sudah begini, maka sudah pasti aki perlu untuk diganti.

 

Untuk melepas aki sebenarnya tidak terlalu sulit. Setelah kap mesin terbuka, maka perhatikan dulu bagaimana kondisi dan letak penyimpanan aki di dalam ruang mesin tersebut. Jika sudah tahu cara untuk mengeluarkannya nanti, barulah mulai proses melepasnya. Yang pertama dilepas adalah kabel negatif, atau kabel massa terlebih dahulu. Setelah itu, barulah anda dapat melepas kabel yang ada di bagian positif atau kabel api. Jika semua kabel sudah terlepas, angkat aki secara tegak lurus dan jangan diguncang. Hal ini bertujuan agar air aki tidak sampai tumpah. Jika sudah terlepas, maka coba lihat ruang tempat menaruh aki dan kabel-kabel di sekitarnya. Jika dirasa perlu, maka bersihkan terlebih dahulu. Kabel yang terlihat ada kotoran, atau pada kabel yang akan dipasang kembali di aki terdapat korosi, maka bersihkan terlebih dahulu. Kotoran korosi tersebut dapat menjadi isolator yang akan menghambat aliran listrik ke kabel. Untuk memasang aki mobil yang baru, anda tinggal menaruh ke tempat aki seperti posisi sebelumnya. Saat akan memasang kabel ke kepala aki, pastikan anda memasang kabel positifnya terlebih dahulu. Kencangkan dan posisikan kembali klem / karet penutup kepala aki. Jika dirasa sudah aman, barulah pasang kembali kabel negatif dan kemudian kencangkan. Lalu barulah pasang semua pengaman atau penutup ruang aki tersebut. Sampai disini, anda sudah berhasil mengganti aki mobil anda dengan aki yang baru. Namun untuk memastikan, cobalah nyalakan alat kelistrikan yang ada seperti lampu depan, atau coba starter mobil. Jika dapat menyala dengan baik, maka anda sudah berhasil mengganti aki mobil sendiri. Sayangnya, tips ini hanya dapat anda praktekkan jika mobil anda belum menggunakan ECU. Karena jika dilakukan tanpa prosedur yang tepat, penggantian aki akan membuat asupan listrik untuk perangkat ECU terputus sehingga semua sistem menjadi ter-reset. Jika mobil anda menggunakan ECU, maka diperlukan beberapa langkah tambahan seperti menyiapkan battery charger. Untuk lebih amannya, anda dapat meminta bantuan montir langganan atau ke bengkel resmi.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan – Sumatera Utara – Aceh 

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618