Asuransi Tidak Menanggung Kerusakan Bila Mobil Nekat Melewati Banjir

Hujan yang turun dengan derasnya, genangan air kemudian jadi banjir pun muncul dimana – mana. Dalam kondisi seperti ini, banyak dari pemilik mobil berusaha untuk dapat melewati walaupun bisa menimbulkan resiko yang merugikan nya sendiri bahkan bisa mengakibatkan mobil tersebut mogok dikarenakan tindakan nekat yang diambil

Dalam kondisi tertentu, mogoknya mobil bisa memaksa pemilik mengeluarkan biaya tak terduga bahkan hingga sampai puluhan juta agar mobilnya bisa normal kembali. Menurut Manager Service Toyota Deltamas Medan “Suwarno” kerusakan pada mobil yang bisa menyebabkan kerugian hingga puluhan juta yaitu adalah water hammer.

Engine Water Hammer atau hydro locking adalah kondisi dimana air masuk ke ruang pembakaran melalui air intake dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston. Sehingga stang piston akan bengkok, ring piston akan rusak, dinding silinder pun akan rusak bahkan yang paling parah dengan melengkungnya head silinder.

Untuk mengindari terjadinya engine water yaitu dengan memastikan posisi genangan air setidaknya 30 cm dibawah air intake agar air tidak tersedot kedalam kemudian injak gas secukupnya dan jangan menggunakan putaran mesin yang tinggi agar knalpot tidak kemasukan air.

Solusi yang terbaik sebenarnya adalah dengan menghindari genangan air yang terlalu tinggi ambilah alternatif lain walaupun harus menempuh jarak yang jauh, jangan pernah memaksa atau sengaja menerjang genangan air walaupun kendaraan anda di asuransikan.

Merujuk pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II pasal 3 ayat 4 “Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan rusak atau tidak laik jalan”

Dengan kata lain apabila kita dengan sengaja atau memaksa berkendara di kondisi yang tidak memungkinkan maka kejadian tersebut merupakan jenis kejadian yang dikecualikan sehingga kendaraan anda tidak bisa di claim asuransinya.

 

 

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo Kredit dan Spesifikasi Dealer Resmi Mobil Baru Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush  – Sienta – Yaris – Medan – Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami :

 0853-7325-1618

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL.  Balai Kota No. 2 A Medan