Aplikasi Dual VVT-i pada mobil Toyota

Teknologi Dual VVT-i apa maksudnya dan apa sih kelebihan serta kekurangannya ? Berikut ini akan kami paparkan kepada anda.

Teknologi VVT-i diperkenalkan oleh Toyota pada tahun 1996, kepanjangan dari  VVT-i adalah Variable Valve Timing with Intelligent. Teknologi yang diaplikasikan untuk Seluruh mobil Toyota yang bermesin bensin ini berfungsi untuk mengatur waktu bukaan klep (katup) yang bervarisai melalui pengaturan komponen chamsaft drive  (dapat berupa timing belt ataupu  timing chain) dengan intake chamsaft.

Teknologi ini tentu saja tidak terlepas dari tekanan oli mesin yang diaplikasikan oleh actuator untuk mengatur posisi chamsaft.

Pengaturan waktu over klep saat klep exhaust mulai menutup dan klep intake mulai membuka sehingga akan menghasilkan efisiensi bahan bakar, karena pengaturan waktu bukaan klep intake tersebut diatur sesuai dengan kebutuhan mesin pada saat itu.

Seiring berjalan nya waktu Toyota terus melakukan pengembangan teknologi VVT-i  hingga akhirnya berkembang menjadi Dual VVT-i .

Jika pada VVT-i  hanya klep intake saja yang mendapat pengaturan waktu bukaan, maka pada teknologi Dual VVT-i klep exhaust juga turut mendapat pengaturan bukaan pula.

Didalam VVT-i controller terdapat vane yang berisi tekanan oli di sisi-sisi nya. Arah tekanan oli tersebut diatur oleh mekanisme OVC (Oil Control Valve) berdasarkan perintah dari ECU (Engine Control Unit). ECU mengontrol kerja OCV berdasarkan sensor – sensor yang terpasang di mesin. Tekanan oli tersebut menyebabkan poros chamsaft di sisi intake maupun pada sisi exhaust dapat bergerak ke arah maju (Advance Side), mundur (retard side) ataupun tertahan pada posisinya (hold).

Hasil yang didapat yaitu efisiensi volumetrik mesin meningkat, tenaga atau torsi lebih besar dan disertai dengan efisiensi bahan bakar yang jadi lebih baik juga emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan.

 

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota AvanzaInnovaFortunerAgyaRushYaris MedanSumatera UtaraAceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618