Apa yang harus dilakukan ketika mobil kita hilang, bagaimana penyelesaiannya

Siapa sih yang mau mobil kesayangannya hilang dicuri orang, ditambah lagi mobil tersebut masih kredit, bagaimanakah penyelesaiaannya berikut ini akan kami bahas tips nya.

Mobil merupakan salah satu barang kesayangan yang tidak boleh hilang. Sayangnya, walaupun Anda berusaha mengunci dengan sangat aman, pencuri tetap memiliki cara untuk mengambil mobil milik orang lain. Ketika mobil Anda hilang, kepanikan pasti melanda, dan otak pun tidak dapat berpikir jernih karena berusaha mencari tahu di mana mobil Anda berada.

Daripada panik dan emosi, ada baiknya Anda melakukan empat hal penting berikut ini agar mobil Anda dapat ditemukan kembali, diganti, atau untuk mencegah terjadinya tagihan tak terduga kepada Anda.

1. Lapor Polisi

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah melapor ke kantor polisi terdekat dari lokasi mobil Anda hilang. Minta bantuan polisi untuk mencari mobil Anda sekaligus meminta surat bukti kehilangan mobil di area tersebut. Surat keterangan mobil hilang tersebut berguna untuk memblokir dokumen mobil serta untuk proses klaim asuransi.

Sampaikan secara jelas kepada polisi mengenai warna mobil Anda, merek mobil, jenisnya, nomor pelat, hingga kerusakan-kerusakan yang ada di dalam mobil. Anda juga dapat menyertakan barang-barang apa saja yang ada di dalam mobil ketika dicuri. Jika perlu, berikan fotokopi STNK mobil Anda kepada polisi agar mereka dapat dengan mudah menemukan mobil Anda.

 

2. Lapor ke perusahaan asuransi

Langkah yang kedua setelah mobil Anda dicuri adalah melapor ke perusahaan asuransi. Jika memang mobil Anda dilindungi dengan asuransi Komprehensif maupun Total Loss Only, Anda dapat melakukan klaim penggantian mobil. Pemberitahuan kepada pihak asuransi harus dilakukan maksimal 3×24 jam.

Saat mengajukan klaim, Anda harus mengumpulkan segala dokumen mobil Anda, juga surat keterangan mobil hilang dari polisi. Jika mobil tersebut dibeli dengan kredit, lampirkan juga bukti pembayaran cicilan. Pihak perusahaan asuransi akan melakukan wawancara dan investigasi langsung ke lapangan, karena itu Anda harus mengikuti seluruh proses dan menunggu dengan sabar hingga mobil Anda diganti.

 

3. Hubungi lembaga pembiayaan

Selain melapor ke kepolisian dan perusahaan asuransi, Anda juga perlu melapor ke lembaga pembiayaan apabila mobil Anda dibeli secara kredit. Ketika membeli mobil secara kredit di lembaga pembiayaan biasanya sudah sepaket dengan asuransi mobil.

Karena itu, ketika melapor ke lembaga pembiayaan, mereka akan memberikan fotokopi BPKB mobil Anda untuk kelengkapan pengajuan klaim ke perusahaan asuransi. Jika klaim Anda disetujui, perusahaan asuransi akan membayarkan uang seharga mobil yang hilang, tapi setelah dikurangi sisa cicilan yang perlu dibayar ke lembaga pembiayaan.

 

4. Memblokir surat – surat

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan ketika mobil Anda hilang adalah memblokir atau mematikan seluruh dokumen mobil Anda, terutama STNK dan pajak. Pemblokiran STNK berguna agar Anda tidak menjadi tertuduh apabila mobil Anda disalahgunakan oleh pencuri. Sementara itu, pemblokiran juga berguna agar Anda tidak terkena pajak progresif ketika membeli mobil lain.

 

Rekomendasi Info Harga Promo dan Spesifikasi Dealer Mobil Toyota Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Yaris Medan Sumatera Utara – Aceh

Silahkan Hubungi Kami : 

0853-7325-1618