Apa yang akan terjadi jika mobil bermesin diesel diisi bensin atau premium

Meningkatnya pasar otomotif di Indonesia disertai dengan permintaan yang berbeda – beda memaksa produsen untuk menyediakan Varian atau jenis kendaraan yang berbeda, dan bahkan dalam Varian mobil yang sama juga tersedia dalam dua jenis pilihan mesin yaitu bensin dan diesel.

Berikut ini kami sampaikan varian dari mobil – mobil yang dipasarkan di pasar Indonesia dengan dua jenis pilihan mesin yaitu mesin diesel dan mesin bensin

.

.

Dari gambar diatas terlihat varian atau tipe mobil yang menggunakan dua jenis mesin yaitu varian mesin bensin dan varian mesin diesel.

  • Toyota menawarkan varian Toyota Innova dan Fortuner
  • Mitsubishi menawarkan varian Pajero Sport
  • Chevrolet menawarkan varian Chevrolet Captiva dan Chevrolet Spin
  • Suzuki juga tidak mau kalah dengan menelurkan Varian Suzuki Ertiga Diesel

Sebagai langkah antisipasi bagi para pemilik mobil yang seperti pada gambar diatas agar lebih hati – hati ketika melakukan pengisian bahan bakar, bukan tidak mungkin kesalahan bisa saja terjadi karena pada masa sekarang ini satu unit mesin pengisian bahan bakar terdapat minimal dua jenis bahan bakar. Tidak ada salahnya pengemudi turun dan memastikan bahan bakar yang di isi sudah benar selain itu dengan kita turun dari mobil juga dapat terhindar dari kecurangan – kecurangan yang sering dilakukan petugas stasiun pengisian bahan bakar.

Jika kesalahan pengisian bahan bakar sudah terjadi maka disarankan agar mobil tidak distarter agar bahan bakar tidak masuk ke dalam ruang mesin.

Pengisian bahan bakar yang salah tentunya dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin karena sifat dari kedua jenis bahan bakar ini antara bensin dan solar memiliki kandungan yang berbeda.

Pada Bahan bakar diesel mempunyai kandungan sebagai pelumas untuk mesin selain dari tenaga yang dihasilkan sedangkan bahan bakar mesin bensin tidak memiliki kandunga untuk pelumasan mesin selain itu bahan bakar mesin bensin cepat terbakar sehingga jika bahan bakar mesin bensin masuk ke mesin diesel maka akan terjadi knocking yaitu bahan bakar mesin bensin akan meledak terlebih dahulu tidak seirama dengan kompresinya karena bahan bakar mesin bensin mengandalkan busi berbeda dengan mesin diesel yang menggunakan kompresi.

Jadi jika kesalahan pengisian bahan bakar terjadi segera lakukan pengurasan bahan bakar yang sudah masuk ke dalam tangki mobil dan jangan pernah mencoba untuk menstarter mobil jika tidak ingin kerusakan yang lebih parah merambat ke ruang mesin.

.

Informasi Harga Promo dan Cicilan Kredit serta Spesifikasi Mobil Baru – Avanza – Innova – Fortuner – Agya – Rush – Sienta – Yaris

.

Rekomendasi Dealer Resmi Toyota Medan – Sumatera Utara – Aceh

.

Silahkan Hubungi Kami :

0853-7325-1618

PT. Deltamas Surya Indah Mulia

JL. Balai Kota No. 2 A Medan